FAKTA UNIK RAJA AMPAT

FAKTA UNIK RAJA AMPAT


FAKTA UNIK RAJA AMPAT

Raja Ampat ini di temukan oleh salah seorang dari penyelam yang berkebangsaan Negara Belanda yang bernama Maz Ammer. ini Tujuan di awalnya mau menelusuri sebuah keberadaan pesawat ini dan juga kapal yang sedang digunakan saat Perang Dunia II dulu yang diperkirakan telah karam di lokasi tersebut. Dan Ternyata Max Ammer ini sangat terpesona dari keberagaman dari biota laut yang berada di Pulau Raja Ampat tersebut dan juga Keindahan Alam nya yang tak perlu diragukan lagi. 

Kalau bahasa Indonesia nya, Raja Ampat yang artinya ( Empat Raja ) yakni empat raja yang sedang menguasai dari empat kerajaan yang di wilayah ini. Nama daru Raja Ampat ini seendiri di ambil dari sebuah cerita rakyat yang sudah ada di kawasan tersebut. Dab Diceritakan pada saat zaman dahulu ada  seorang sepasang suami istri yang ngga sengaja telah menemukan sebanyak 6 butir telur naga yang berada di pinggir sungai yang bernama Waikeo. Karenakan meraka merasa lapar,  dan mereka berniat untuk langsung memasak ke 6 telur tersebut. Namun saat ketika mereka hendak memasak, 5 dari6 telur ini menetas dan keluar lah 5 bayi manusia yang terdiri dari 4 jenis kelamin laki-laki dan 1 perempuan. Dan Mereka ini kemudian yang diberi nama Betani, Muhammad, Dohar, War dan yang terakhir perempuan yang di beri nama nya Pintolee ini. Semua dari anak ini diurus oleh sepasang suami istri ini.

Hutan amazon yang adalah hutan yang mempunyai spesies binatang dari darat yang terbanyak sedangkan di Raja Ampat merupakan sebuah Hutan Amazon yang  di bawah laut ini. Disini para PE Pencinta Traveling nyelam juga bisa melihat seekor Papuan Epaulette, dan hiu karpet juga Wobbegong Shark dan ada kuda laut yang berjenis pigmy ini sebesar ruas dari kelingking sampai dengan ikan besar yang membentang sayap nya sepanjang 5 meter. Dan Kehidupan yang di bawah laut di Raja Ampat ini bagaikan perpustakaan hidup dengan koleksi terumbu karang yang indah dan biota laut yang sangat beragam yang ada di dunia ini.
Pesona Negeri ini memang sangat menakjubkan!

Raja Ampat juga adalah surganya  dari terumbu karang. Ada beberapa macam kawasan  dari terumbu karang yang dari keadaanya ini masih cukup baik dengan adanya presentase dari penutupan karang hidup sampai 90% yakni di selat yang bernama Dampier selat yang  ini memisahkan dari Pulau Waigeo dan juga Pulau Batanta dan Kepulauan Kofiau ini, Dari Kepulauan Misool Timur di Selatan dan juga Kepulauan Wayag. Dari Tipe-tipe terumbu karang tersebut merupakan terumbu karang dengan tepi dengan ada kontur  yang landai sampai curam. Disini juga telah ditemukan dari tipe atol dan juga tipe gosong atau pun taka. Buat yang ngga bisa menyelam jangan kalian khawatir, karena dari terumbu karang juga masih bisa kalian nikmati yakni di kampung yang bernama Saondarek.


Raja Ampat yang ada beberapa dari spot diving  yang terkenal misalnya Manta Point,  dan  Mike’s Point, ada Sardine Reef dan juga yang terakhir Shark Point. Tempat ini mempunyai keistimewaan nya yang tersendiri seperti layak nya di Manta Point disini kalian akan mudah menemukan seperti ikan Manta yang diameternya mencapai 9 meter dari hilir mudik yang ada di sekitarnya. Di kawasan Kepulauan bernama Kaboei Bay Rock juga terdapat suatu teluk yang ada  dibawahnya adalah sebuah terowongan dari batu karang. Disana juga  ada gua-gua karang yang sudah dihuni oleh para kelelawar dan beberapa dari sisa tulang manusia ini.
Keliling Indonesia