INDAH NYA KALIBIRU RAJA AMPAT

INDAH NYA KALIBIRU RAJA AMPAT 

INDAH NYA KALIBIRU RAJA AMPAT


Lokasi Kalibiru ini berada di pedalaman hutan di Raja Ampat. Kawasan tepat sekali dekat dengan Di Kampung Warsandim, Daerah Teluk Mayalibit. Bila  kalian tempuh dari daerah Waisai, membutuh kan waktu nya sekitar 1 jam dengan memakai speedboat.
Perjalanan dalam menuju ke sungai tersebut ternyata masih dengan dilanjutkan lagi dengan aktifitas trekking bermula muara tempat di kapal bersandar, sampai masuk  di dalam hutan. Membutuhkan waktu nya kurang lebih 30 menit untuk bisa sampai ke lokasi Kalibiru.
Lama di perjalanan dijamin sangat sepadan dengan Keindahan Alam pemandangan yang Sobat Pesona bisa lihat langsung di sungai tersebut. Sungai yang sejernih berlian ini masih sangat alami  sekali dan juga jauh oleh sentuhan manusia.

Kalibiru dinamakan seperti ini karena disebabkan dari warna airnya yang biru  dan jernih. pasti saja warna biru ini alami ya, bukan dikarenakan disebabkan dari pencemaran sebuah limbah.
Dalam bahasa lokal nya di Papua, Kalibiru juga disebut dengan Warabiae. Yang Artinya ini kurang lebih sama ya, yakni sungai yang berwarna biru dan jernih.
Keajaiban alam seperti yang ada di Raja Ampat tersebut juga bisa sobat pesona jumpai di Danau Kaco  yang ada di Jambi, atau juga di Danau Labuan Cermin yang terletak Berau, di Kalimantan Timur.

Sangking jernihnya air yang ada di sungai tersebut, Sobat Pesona bisa melihat sampai ke dasar sungai nya ini. Bebatuan yang besar berada di bagian dasar ini pun bisa terlihat dengan sangat jelas menggunakan mata telanjang saja lho.
Karena dari aliran air cukup tenang, Sobat Pesona menjadi bisa melihat cukup dalamnya di sungai Kalibiru ini. Dan Pemandu  pun memperkirakan dari kedalamannya bisa mencapai dengan 5 meter, atau juga bahkan lebih.
Sobat Pesona yang bisa berenang di Sungai Kalibiru ini, asal harus menjaga kelestarian dan juga tidak boleh mencemari sungai sebiru berlian ini yaa.
Keliling Indonesia

Fakta yang unik nya lagi mengenai sungai yang jernih ini merupakan suhu airnya yang  snagatg sedingin es ini. Diperkirakan dari suhunya mencapai 10 hingga 20 derajat celcius lho. Dingin nya ini alami tanpa perlu  kalian masuk ke lemari pendingin!
Bahkan untuk bisa membuktikannya, air Kalibiru ini kalau dimasukkan ke dalam botol air cup mineral yang bekas. Ternyata, begitu saat dimasukkan ke dalam botol ini, air di sungai ini  pun langsung berembun seperti sudah pernah dimasukkan ke dalam lemari kulkas yang dalam jangka waktu yang sudah lama.Pasti saja air yang di sungai tersebut bisa langsung diminum oleh Sobat Pesona karena dari airnya berasal dari bersumber dari mata air alami  dari pegunungan yang cukup aman untuk kalian konsumsi. Dan Segarnya juga benar-benar alami ya!
Pesona Negeri ini tidak perlu diragukan lagi.

Fakta unik yang terakhir mengenai Kalibiru tersebut yaitu di bagian muara ini, sungai tersebut terbelah menjadi dua dari percabangan. Satu lagi yang terpapar matahari ini, suhu dari airnya menjadi sedikit cukup hangat. Dan Sementara yang sudah terlindung dari sinar matahari tersebut suhunya tetap cukup dingin, dan sedingin es.
Fenomena yang unik tersebut tentunya bisa menjelaskan dengan secara ilmiah. Paparan dari sinar matahari pasti saja membuat sebuah suhu air dari permukaan menjadi cukup hangat, dan sementara bagian sungai yang ngga terpapar dari matahari suhunya tetaplah dingin Pencinta Traveling alam pasti suka kalau kesini.