Keindahan Alam Bromo dan Fakta nya

                                           


  
                                                  Keindahan Alam Bromo dan Fakta nya
Melihat Keindahan Alam surya terbit dari arah ufuk timur di Gunung Bromo secara perlahan mungkin menjadi satu anugerah yang tak terhingga indah nya.
Keindahan Gunung Bromo yang berada rtepat di dalam Kawasan Gunung Semeru ini memang sudah terkenal hingga ke mancanegara lho. Gunung bromo juga dianggap suci oleh masyarakat Tengger, suku yang mendiami wilayah Gunung Bromo ini.. Nama Bromo yang sendiri diambil dari nama dewa utama umat hindu ialah Brahma.
Melakukan perjalanan menuju  ke Gunung Bromo, kaki kita akan disambut kawah pasir yang terbentang sepanjang lokasi salah satu gunung di jatim ini.
Bila kita melakukan perjalanan menuju Bromo di saat pagi hari, kita akan disajikan warna yang indah berasal dari pasir yang terkena pantulan sinar matahari. Pasir disini juga seolah berbisik-bisik saat tersapu oleh tiupan angin yang berhembus semilir tenang saat pagi menyapa.

Fakta :

1. Sejarah Terbentuknya Gunung Bromo
Menurut sejarah yang ada, terbentuknya Gunung Bromo dan juga lautan pasir ini berawal dari dua gunung yang saling berdekatan satu sama lain. Gunung Tengger 4.000 m dpl merupakan gunung terbesar dan tertinggi pada waktu saat. Kemudian terjadilah sebuah letusan gunung kecil, materi vulkanik terlempar ke arah tenggara sehingga membentuk lembah besar dari dalam.
Lalu terjadi letusan dahsyat yang menciptakan juga kaldera dengan diameter lebih dari 8 km dalam nya Karena dalamnya kaldera, materi vulkanik itu letusan gunung tersebut menumpuk di dalam dan sekarang masih menjadi lautan pasir dan duga dahulu kala pernah terisi oleh air.


2. Perjalanan Menuju Gunung Bromo
Bila kalian dari arah Probolinggo, harus naik bis menuju Sukapura, lalu kemudian kalian terus ke arah Ngadisari. Dari Ngadisari inilah kalian naik kuda atau berjalan kaki menuju Cemoro lawang yang kurang lebih ± 3 km. jauhnya , Di Cemoro lawang kalian dapat bermalam di hotel/losmen. Saat esok paginya kalian dapat melanjutkan perjalanan ke kawah Gunung Bromo, yang dapat ditempuh berjalan kaki atau dengan naik kuda yang disewakan dari masyarakat setempat.
 3. Upacara Kasada Gunung Bromo
Pada tanggal 14 atau 15 bulan 7 (di kalendar tahun Jawa) atau bulan Juli (tahun Masehi) 2017 kemarin lalu ,diadakan upacara adat Kasada. Dalam upacara ini harus dikorbankan sebagian hasil panen seperti sawah, ladang, dan juga ternak masyarakat sekitar dengan cara melemparkannya ke arah kawah Gunung Bromo sebagai tanda bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Selain Upacara Kasada juga di kenal Upacara Karo/ Ayak-ayak.

4. PURA LUHUR POTEN
Di Gunung Bromo juga terdapat sebuah pura yang berna Pura Luhur Poten, yang tepat berada di hamparan lautan pasir, di kaki gunung bromo. jika kalian ingin menuju ke arah kawah bromo kalian pasti akan melawati satu kompleks pura ini. pura ini  juga masih digunakan masyarakat hindu tengger untuk beribadah. dan uniknyalagi di pura ini masih juga tersedia beberapa batang pohon yang tumbuh di sekitaran kompleks pura ini padahal sisa hamparan luasnya sekitar 10 kilometer persegi saja di kaki pegunungan. 

Bagaimana kalian tertarik untuk Keliling Indonesia dan melihat Pesona Negeri ini ?
 Banyak sudah Pencinta Travelling ke Gunung Bromo yang terkenal ini.
 Terima kasih banyak yang sudah membaca , semoga saya semakin semangat ya untuk share lokasi wisata yang unik! sampai jumpa :)