KEUNIKAN CANDI BOROBUDUR



KEUNIKAN CANDI BOROBUDUR

KEUNIKAN CANDI BOROBUDUR - Halo, kembali lagi di kesempatan kali ini saya mau share tentang Candi Borobudur yang sangat fenomenal di negara kita ini lho guys..
Disimak yah ! 

Candi Borobudur : 
Candi Borobudur merupakan candi Buddha yang berada di kota Magelang, provinsi Jawa Tengah. Candi Borobudur candi atau kuil Buddha yang terbesar di dunia, sekaligus  juga salah satu monumen Buddha terbesar di dunia. Karena Megah dan juga keagungannya, candi borobudur yang dibangun pada abad ke 8 juga ini sudah ditetapkan oleh pihak UNESCO sebagai salah satu warisan kebudayaan dunia world heritage.

Candi Borobudur ini dibangun pada masa pemerintahan dinasti Syailendra. yang bentuknya stupa ini pada dahulunya didirikan oleh para penganut keyakinan agama Buddha Mahayana pada masa pemerintahan wangsa Syailendra silam Sejarah berdirinya Candi Borobudur ini dibangun pada abad ke 8. 

Keunikan : 
 Relief terlengkap dan terbesar di dunia!  
Candi Borobudur ibarat sebuah puzzle yang tersusun rapi sekali, dengan menggunakan sekitaran 2 juta batu vulkanik. Batu-batu raksasa ini diukir dengan kemampuan khusus, sehingga bisa saling mengunci. Walaupun dalam pembangunannya ini tidak menggunakan perekat/semen, candi borobudur ini tetap berdiri megah sampai sekarang lho.  Kemegahan candi  dibangun dengan memakan waktu sampai 75 tahun lama nya. WOW!! 



Tidak hanya menakjubkan, Candi Borobudur  juga semakin indah karena polesan karya seni tinggi yang mengandung unsur agama dan budaya meliputi sejarah juga. Keberadaan stupa, arca, relief yang mengandung filsafat hidup sangat tinggi ini menunjukkan kalau Candi Borobudur adalah tidak sekedar bangunan biasa.


Candi Borobudur dilengkapi oleh panel relief sebanyak 2672 buah banyaknya. jika dibentangkan relief ini bisa mencapai 6 KM panjangnya. UNESCO sudah mengakui kalau relief Buddha tersebut merupakan yang terbesar dan juga paling lengkap di dunia. Setiap kisah yang terukir merupakan mahakarya seni yang bernilai sangat tinggi. Untuk membaca relief itu saja yang tertera di dinding Candi Borobudur, Anda harus membacanya searah jarum jam.rumit juga ya?

Keindahan Alam ini sangat banyak sekali .. tidak hanya satu tapi jutaan! 
kamu harus sekali untuk Keliling Indonesia untuk melihat Pesona Negeri kita yang menakjubkan ya seperti Candi Borobudur ini. 

Pencinta Travelling love it!  

 Candi yang di bangun di tengah Danau : 
Yup , kalian ga salah dengar candi borobudur ini di bangun di tengah danau guys..
Konon katanya Candi Borobudur didirikan di tengah sebuah danau yang sangat besar. Hal ini juga  menunjukkan kalau candi ini dibangun dan menerapkan filosofi seperti bunga teratai. Bunga ini juga dikenal mempunyai filosofi yang lumayan tinggi berkaitan nilai  kehidupan dan nilai spiritualnya, Sayangnya memang danau itu tidak nampak saat ini, bahkan bekasnya  saja pun tidak nampak jelas. Tapi kalau dilihat dari atas dengan menggunakan helicopter/drone maka jejak danau ini akan terlihat.


Pada sekitar tahun 1930  silam, W.O.J Nieuwenkamp juga menjelaskan adanya danau  ini di sekitar Candi Borobudur. Dengan dukungan penelitian para geologi, Nieuwenkamp dengan tegas menyatakan adanya keberadaan danau tersebut.

Danau itu memang sudah sangat lama kering. Luas danau ini meliputi kawasan dataran Kedu yang terhampar di dekat sekeliling Candi Borobudur. Foto udara di kawasan Kedu menunjukkan kalau bekas danau yang sangat luas ini mengelilingi Candi Borobudur.

Baiklah sampai sini saja fakta unik candi borobudur , jika dapat info yang baru akan share juga yahhh hehe... 

Saya ucapakan banyak Terima Kasih kepada yang sudah membaca yah!