GUA JOMBLANG YANG INDAH

GUA JOMBLANG YANG INDAH

GUA JOMBLANG YANG INDAH


Goa ini berada di daerah pegunungan kawasasn karts yang terletak di Gunungkidul ini . Goa ini adalah salah satu dari goa  kurang lebih 500 goa yang terleak di lokasi pegunungan ini. Goa tersebut memiliki mulut goa yang vertikal yang jarak nya antara bibir goa dan dasarnya ini bervariasi. Paling yang dalam kurang lebih 80 meter. Dan Dibutuhkan banyak kemampuan untuk melakukan aktifitas Single Rope Technique yang biasa disebut SRT  untuk memasuki goa tersebut. SRT adalah teknik yang cukup baku dan digunakan untuk  hanya menuruni goa vertikal dengan menggunakan satu tali saja sebagai sebuah lintasan yang digunakan jalan untuj menaiki dan juga menuruni tempat yang dengan kemiringan yang vertikal Keindahan Alam di Goa ini memang keren!


Bagi kalian yang belum terbias di jalur yang digunakan untuk sampai ke dasar goa akan cukup melelahkan ini. Ditambah lagi dengan cerita-cerita yang mengerikan tentang goa ini dari para peteualang yang sudah pernah masuk kesini, mungkin bisa membuat para petualang lain merasa gentar sebelum mereka memasuki goa ini. Nah Akan tetapi pada masuk ke dalam nya segala macam perasaaan yang sudah menganggu pada saat sebelumnya akan langsung tergantikan dengan Pesona Negeri Goa Jomblang ini.

Saat kalian sudah di dasar goa ini, bisa kalian menemukan beberapa dari tumbuhan tumbuh sangat subur dan rimbun, pada di dinding kapurnya ini ditumbuhi dengan tanaman perdu. Dan Setelah sampai di dasar, para petualang bisa beristirahat di sebuah bilik dengan bentukan alamnya. Selanjutnya para petualang bisa meneruskan sebuah perjalanan nya menyusuri suatu lorong yang  akan menghubungkan ke goa Jomblang dengan goa yang vertikal lain nya yang namanya itu goa Grubug ini. Lorong ini sebagai penghubung 2 goa ini lumayan lebar dengan panjang nya  kurang lebih 500 meter panjangnya. Untuk bisa menyusuri lorong ini bisa dengan gampang dilalui dikarenakan ada jalanan setapak yang membentuk dari batu-batu yang tersusun dan memanjang. Tetapi kalian harus sedikit berhati-hati dikarenakan jalan ini cukup licin karena di udara dalam goa yang cukup lembab kalian harus Keliling Indonesia untuk melihat pesona negeri ini.

Setelah kalian sampai di ujung lorong ini yang adalah dasar dari goa Grubug, Pencinta Traveling bisa melihat langsung keindahan yang sangat luar biasa. Ada 2 stalagmit yang sangat besar dan berwarna hijau yang kecoklatan berdiri kokoh di tengah dasar goa Grubug. Apabila kalian busa mencapai di dasar goa Grubug ini tepat jam 13.00 WIB akan bisa melihat sebuah pemandangan yang sangat eksotik dari cahaya matahari yang menerangi masuk ke dalam di kegelapan dasar goa Grubug ini. cahaya matahari dan menyentuh banyak stalagtit dan juga stalagmit ini yang terbentuk karena tetesan air pada ribuan tahun lalu.
Ada aliran sungai ini yang berasal di Kalisuci berada sisi di sebelah utara dari sebuah stalagmit yang besar ini Petualang bisa memakai perahu karet ini pada saat musim  sedang kemarau untuk bisa menelusuri di jalur sungai ini. Aliran dari sungai ini langsung menghubungkan dasar goa Grubug dengan beberapa macam goa yang lainnya di kawasan pegunungan karst ini.. Pada saat musim penghujan di aliran sungai ini cukup deras sangat disarankan untuk ngga mencoba menelusuri di sungai ini karena sangat lah berbahaya.